Wabah pandemi Covid-19 membuat Pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan belajar di rumah untuk siswa mulai dari PAUD hingga Perguruan Tinggi. Menyikapi kondisi tersebut pemerintah menganjurkan setiap sekolah untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Sesuai Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19, dijelaskan bahwa pembelajaran jarak jauh dilaksanakan untuk: 1) memberikan pengalaman belajar yang bermakna, 2) fokus pada kecakapan hidup, 3) sesuai dengan minat dan kondisi masing-masing peserta didik, dan 4) pemberian umpan balik hasil belajar bersifat kualitatif.
Salah satu moda pembelajaran jarak jauh yang dianjurkan pemerintah adalah pembelajaran dalam jaringan (daring). Pembelajaran siswa secara tatap muka atau langsung di sekolah ditiadakan. Pembelajaran dalam jaringan adalah pembelajaran tanpa melakukan tatap muka melainkan melalui jaringan internet.
Selama kebijakan belajar dari rumah berlangsung untuk mencegah penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19), Kementrian pendidikan dan Kebudayaan telah menghadirkan portal Guru Berbagi. Guru harus bisa memberikan berbagai ide dan praktik untuk tetap memberikan pelayanan pembelajaran yang bermakna bagi siswanya.
Kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru dilakukan melalui cara yang bervariatif, menyesuaikan kondisi dan latar belakang siswa. Ada yang menggunakan whatsap grup, google classroom, zoom, dan berbagai aplikasi lain yang menunjang. Nampaknya, kegiatan pembelajaran daring menjadi suatu hal yang baru bagi sebagian besar peserta didik/ siswa.
Pembelajaran Daring (online) yang biasa dilakukan oleh guru bersifat monoton karena hanya satu arah. Guru hanya memberikan tugas berupa soal ataupun mempelajari video pembelajaran. Kegiatan pembelajaran online seperti ini membuat siswa merasa jenuh untuk belajar di rumah. Siswa tidak diberi kesempatan untuk bertanya terlebih dahulu ketika mengalami kesulitan.
Pembelajaran live streaming melalui youtube sebagai solusi untuk mengatasi kejenuhan siswa belajar dalam jaringan (online). Mengapa demikian? Media youtube live merupakan sarana penyampaian pesan atau informasi belajar melalui media youtube yang ditayangkan secara langsung. Media youtube live ini bisa disaksikan oleh seluruh pengguna youtube di seluruh penjuru dunia.
Menurut Yusep Kurniawan (2020), sesi pembelajaran daring memerlukan penunjang perangkat TIK . Perangkat TIK meliputi hardware maupun software, diantaranya: 1) laptop, 2) webcam, 3) headset/ headphone, 4) jaringan internet, 5) whatsap web, 6) streamyard, dan 7) youtube. Perangkat TIK saling berkaitan dalam penggunaannya.
Setiap perangkat TIK memiliki kegunaan yang berbeda dalam pembelajaran daring. Kegunaan laptop, webcam dan headset (hardware) adalah sebagai media penyajian audio maupun video pembelajaran daring. Kegunaan jaringan internet adalah menjadi perangkat kunci untuk mengkoneksikan pembelajaran daring ke dunia maya. Kegunaan whatsapp (software) digunakan sebagai media menginformasikan sesi pembelajaran kepada siswa dan semua pihak. Kegunaan streamyard adalah untuk menyajikan sesi pembelajaran moda (video converence) dan menghubungkannya dengan media youtube Live. Perangkat yang terakhir adalah youtube (software), perangkat ini menjadi perangkat penyajian sesi pembelajaran daring.
Pembelajaran youtube live lebih menarik. Siswa bisa melihat guru mengajar memberikan materi secara langsung. Siswa bisa memberikan feedback berupa pertanyaan ataupun jawaban atas apa yang disampaikan oleh guru. Selain itu, siswa bisa menuliskan namanya untuk absen kehadiran, sehingga guru mengetahui siapa saja yang aktif mengikuti pembelajaran. Orang tua bisa mengikuti pembelajaran dengan mendampingi anaknya belajar melaui Youtube live streaming.
Pembelajaran youtube live streaming ini diselenggarakan oleh tim guru dengan strategi gotong royong relawan guru tanggap corona. Guru dari seluruh penjuru nusantara memiliki tekad besar untuk memajukan pendidikan walaupun sedang berada di masa pandemi Covid-19. Guru relawan bergabung dan berbagi ilmu untuk anak- anak agar tetap bisa belajar di rumah.
Pembelajaran dilakukan secara rutin kecuali hari libur. Setiap harinya dua atau tiga sesi pembelajaran, sesuai dengan jadwal yang dibuat pada flyer (selebaran). Guru memberikan materi selama 1 jam untuk setiap sesi pada channel youtube. Kegiatan dipandu oleh host/ moderator dan guru pemateri fokus memberikan materi pembelajaran.
Pelaksanaan pembelajaran daring ini dilaksanakan di kanal youtube yang ditayangkan secara live. Untuk guru pengajar, host dan juga moderator berada di tempat masing-masing (berbeda). Begitu juga dengan peserta didik maupun penonton lainnya. Moda ini benar-benar mengimplementasikan pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan secara langsung di tempat yang berbeda, namun di ruang maya yang sama.
Setiap sesi pembelajaran, guru pengajar menyiapkan bahan ajar berupa presentasi baik power point maupun video yang nantinya akan ditayangkan pada pembelajaran. Moda yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah moda daring interaktif dengan media youtube live yang didukung oleh situs streamyard. Situs streamyard ini merupakan media video converence (vicon) yang digunakan guru pengajar, host dan moderator untuk menyajikan pembelajaran daring. Setelah ruang vicon streamyard disiapkan, kemudian dikoneksikan dengan kanal youtube yang telah disediakan dan kemudian ditayangkan secara langsung melalui media youtube live. Setelah semua siap, dengan jadwal yang telah ditentukan, kegiatan pembelajaran daring interaktif melalui media youtube live siap ditayangkan.
Sehari sebelum kegiatan pembelajaran youtube live streaming adalah pemberian informasi tentang pemateri (guru pengajar), materi pembelajaran, channel youtube, dan waktu pelaksanaan. Data tersebut terdapat pada flyer yang dibagikan (share) ke semua media sosial termasuk nomor whatsaap atau grup. Selain chanel youtube yang tertera pada flyer, link sesi pembelajaran juga dibagikan. Hal ini memudahkan siswa atau orang tua mengikuti pembelajaran.
Kegiatan pembelajaran dibagi menjadi tiga yaitu, kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Masing-masing kegiatan dilaksanakan secara urut. Sebelum kegiatan pendahuluan ada pengantar dari host dan moderator. Guru melaksanakan pembelajaran sesuai apa yang sudah direncanakan.
Kegiatan pertama adalah kegiatan pendahuluan. Guru memberikan salam dan menyapa siswa atau orang tua/ wali. Guru memberikan informasi tentang materi yang akan disampaikan. Guru juga menyampaikan tujuan pembelajaran. Siswa diharapkan mengetahui materi pembelajaran, menemukan berbagai informasi, dan dapat mengikuti kegiatan pembelajaran sampai selesai.
Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif. Pada pembelajaran youtube live streaming, siswa menyimak penjelasan interaktif materi pembelajaran dari guru. Siswa dan guru berdiskusi berkaitan materi yang disampaikan guru. Dengan melihat komentar pada live chat, guru bisa langsung memberikan apresiasi kepada siswa yang aktif mengikuti pembelajaran.
Kegiatan penutup adalah kegiatan akhir sebuah pembelajaran. Siswa dan guru bersama-sama menarik kesimpulan pembelajaran. Guru melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas kepada siswa untuk dikerjakan setelah sesi pembelajaran. Setelah pembelajaran ditutup oleh guru, kemudian acara oleh moderator dikembalikan kepada host. Host pada sesi akhir bertugas menutup acara pembelajaran daring.
Pembelajaran daring interaktif melalui media youtube live sebagai alternatif pembelajaran jarak jauh dapat meningkatkan minat siswa untuk belajar di rumah pada masa pendemi Covid-19. Selain meningkatkan minat siswa, ternyata pembelajaran daring juga terlihat efektif. Efektifitas terlihat dari antusias siswa/ keaktifan siswa dalam memberikan feedback dan bertanya pada kolom live coment youtube selama mengikuti pembelajaran daring. Kelebihan pembelajaran daring interaktif yang disajikan melalui media youtube ini adalah: 1) ditayangkan secara live, 2) interaktif siswa dapat dibangun melalui live coment youtube, 3) sesi pembelajaran dapat ditonton lagi setelah sesi pembelajaran berakhir.
Penulis : Umtikhah Nurul
Tidak ada komentar:
Posting Komentar